Apa yang Akan Terjadi Jika Kita Menelan Permen Karet?

loading...

Salah satu nasihat dari orangtua dan orang dewasa yang sering lo denger waktu masih kecil bahkan sampai sekarang adalah “jangan nelen permen karet”. Para orangtua biasanya nakut-nakutin anaknya bahwa nelen permen karet bisa bikin usus lo lengket. Gara-gara ancaman itu lo jadi takut deh nelen si permen yang super lengket ini. Bahkan, mungkin lo percaya sama teori sampai lo udah gede.

w644 (2)

Nah, lo penasaran nggak sih sebenernya teori para orangtua itu bener atau enggak? Apa sih yang bakal terjadi di dalam perut lo seandainya lo nekad permen karet? Ada penjelasan ilmiahnya nih, bukan cuma mitos atau teori asal-asalan buat nakut-nakutin orang.

Sebelum ngomongin soal bahayanya, lo harus tahu satu fakta soal permen karet dulu nih. Permen karet ini ternyata nggak bisa masuk kategori makanan, camilan, atau permen loh gaes. Ini adalah sesuatu yang dibikin mirip kayak makanan. Ada gula dan pewarna yang ditambahkan pada permen karet ini sehingga keliatan kayak makanan.


Via Science ABC

Awalnya, permen karet dibuat dari bahan alami yakni getah tembakau yang lengket. Lalu seiring dengan berjalannnya waktu, mulailah ada pergeseran. Getah pohon mulai dipakai sebagai bahan buat bikin permen karet. Kebanyakan yang dipakai adalah getah pohon karet. Belakangan bahkan banyak permen karet yang diolah dari karet sintetis. Nah, walaupun bahannya berubah dari yang alami ke sintetis tetep ada satu persamaan gaes. Kedua bahan itu nggak bisa dicerna sama tubuh kita. Tubuh kita nggak punya zat khusus yang bisa menguraikan polimer pada permen karet.

Loading...

Terus apa si permen karet bakal terus ada di dalam perut dan bikin usus lengket? Enggak separah itu gaes. Gumpalan permen karet yang lo telen itu bakal didorong oleh makanan lain yang masuk ke saluran pencernaan lo. Pada akhirnya si permen karet ini tetep bakal keluar saat lo buang air besar.


Via Daily Express

Terus aman nggak kalo lo nelen permen karet? Antara aman dan enggak sih. Kalo lo nelen secara nggak sengaja dan jumlahnya cuma satu itu nggak akan bahaya buat orang dewasa. Beda cerita nih kalo lo nelennya banyak. Itu bisa menyumbat saluran pencernaan, terutama pada anak-anak. Nelen permen karet bisa mengakibatkan konstipasi yang parah banget. Proses ngeluarin permen karet dari tubuh anak kecil emang jauh lebih susah.

Udah paham kan sekarang? Ternyata nelen permen karet nggak bikin usus lo lengket tapi bikin pencernaan jadi nggak lancar. Jadi lebih baik lo tetep jangan coba-coba nelen permen karet. Telanlah makanan lain yang lebih enak dan sehat.

Sumber/foto/artikelasal:Linetoday

loading...
Loading...