Kenapa Ada yang Mau Beli HP Rusak? Ternyata Karena ada Kandungan Emasnya

99_handphone-rusak

Jika selama ini kita banyak mendengar ada pihak yang menawarkan diri untuk membeli ponsel, laptop dan alat elektronik lainnya yang dalam kondisi rusak, atau bahkan sudah tidak dapat dipergunakan lagi, maka yang ada dibenak kita adalah orang tersebut akan memperbaiki atau mencangkokan komponen tertentu ke peralatan lain hingga barang tersebut bisa dipergunakan kembali.

Hal tersebut kemungkinan besar demikian, namun bagiamana jika peralatan tersebut sudah benar-benar rusak? kenapa pihak tersebut masih bersedia membelinya? Ternyata jawabannya adalah karena ada kandungan emas di dalam setiap ponsel atau peralatan elektronik yang kita miliki.

“Semakin mahal handphone-nya, semakin banyak kandungan emas di dalamnya. Semakin nggak mudah tergores, semakin banyak juga campuran emas di dalamnya,” ucap Agustiwandina, lulusan S1 Kimia UGM Yogyakarta, dikutip dari brilio.net (12/3/2015).

Ternyata emas memang banyak dipergunakan dalam peralatan elektronik. Jika kita membongkar ponsel kita dapat menemukan komponen dengan warna mencolok dan berkilauan, maka kemungkinan besar itu adalah emasnya.

Beberapa komponen di dalam alat elektronik ada yang memang harus dilapisi emas karena hanya emaslah yang mampu menghantarkan arus listrik nyaris tanpa hambatan. Tidak hanya itu, casing ponsel juga ada yang dilapisi emas agar tidak mudah tergores.

Loading...

Ia menjelaskan bahwa emas yang ada dalam peralatan elektronik memang bukan emas murni, melainkan sudah dicampur dengan logam lainnya. Hal tersebut yang menyebabkan dibutuhkannya tekhnik khusus agar bisa mendapatkan emas murninya.

“Emasnya dalam bentuk campuran dengan logam lain. Jadi perlu dilebur dan dipisahkan,” kata wanita berkerudung ini.

Oleh karena itu, ponsel bekas tidak bisa langsung di jual ke toko emas.

Apa yang dijelaskan oleh perempuan yang disapa Dina tersebut bukanlah tanpa alasan. Seperti yang dikutip dari wikipedia, disebutkan jika konduktor yang baik adalah yang memiliki tahanan jenis yang kecil. Konduktor adalah bahan yang sangat baik kemampuannya dalam menghantarkan listrik, hampir seluruh logam adalah konduktor. Emas, perak, tembaga, alumunium, zink, besi berturut-turut memiliki tahanan jenis semakin besar. Jadi sebagai penghantar emas adalah sangat baik, tetapi karena sangat mahal harganya, maka secara ekonomis tembaga dan alumunium paling banyak digunakan.


loading...
Loading...