Inilah Cara Membedakan Es Batu yang Dikonsumsi Dari Air Mentah Atau Air Matang, Patut di Coba Nih!

es-batu_20161018_175323

Es batu menjadi kebutuhan utama banyak orang ketika cuaca panas seperti sekarang ini. Es batu yang dipercaya bisa melegakan dahaga ini juga punya dampak buruk bagi kesehatan. Terutama bagi kamu yang suka mengkonsumsi es batu yang terbuat dari air mentah.

Kebanyakan orang memilih membuat es batu dengan air mentah karena dirasa cukup simple dan lebih cepat. Apalagi es batu ini mereka gunakan untuk berdagang , mereka kebanyakan membuat es batu dengan air mentah lantaran lebih mendapatkan keuntungan ketimbang es batu yang dibuat dengan air matang yang jauh lebih repot lantaran perlu merebus terlebih dahulu.

Namun tahukah kamu jika es batu yang terbuat dari air mentah mengandung bakteri yang membahayakan kesehatanmu, bernama Escherichia coli. Bakteri E Coli ini dipercaya bisa memicu masalah pencernaan mulai dari diare ataupun muntaber bahkan bisa merusak ginjal dan usus.

Es batu yang terbuat dari air mentah tidak tersterilisasi oleh proses pemanasan saat merebus. Dan buat kamu yang tak ingin terserang penyakit akibat sering minum es . Cobalah untuk lebih pintar ketika membeli es batu.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika membeli es batu yakni membandingkan es batu yang terbuat dari air mentah dan air matang.

Seperti yang dilansir dari Tribunnews.com, inilah dia cara membedakan es batu dengan air mentah dan es batu dengan air matang.

Loading...

1. Warna es batu dari air mentah cenderung bewarna terlihat lebih putih pekat, sedangkan es batu dengan air matang memiliki warna putih bening seperti kristal.

2. Warna pekat pada es batu air mentah disebabkan kandungan gas yang ada di dalamnya, sedangkan warna putih pada es batu air matang memiliki sedikit kandungan gas, karena sudah berkurang saat proses perebusan.

3. Es batu dengan air matang umumnya ada dalam bentuk es kristal dan ice cube, walaupun begitu tapi kamu perlu lebih teliti apakah warna bening di es benar-benar bersih.

4. Perhatikan baik-baik warna putih pada es batu, apakah ada kotoran yang ada di dalamnya, jika iya segera tinggalkan karena itu tidak bersih.

Jangan sampai tertipu ya guys. Jika untuk konsumsi sendiri , sebaiknya buat es batu sendiri di rumah dengan menggunakan air yang sudah matang.

Sumber: palingseru


loading...
Loading...