Tingkatkan Jumlah Mahasiswi, Kampus di Jepang Beri Diskon Apartemen . .

Foto: BBC

Salah satu kampus bergengsi di Jepang, yakni University of Tokyo memberikan subsidi sewa hunian untuk mahasiswi. Tujuannya, yaitu untuk meningkatkan jumlah mahasiswi yang mendaftar sehingga seimbang dengan jumlah mahasiswa laki-laki.

Kampus akan membayar 30.000 yen atau sekira Rp3,6 juta per bulan untuk masing-masing tempat tinggal mahasiswi, dimulai April tahun depan. Adapun dukungan finansial ini berlangsung selama dua tahun studi.

Kebijakan ini muncul lantaran saat ini jumlah pendaftar perempuan hanya 20 persen, sedangkan sebagian kecil lainnya diterima melalui ujian masuk.

Executive Vice President University of Tokyo, Tomokazu Haebara mengatakan, pihaknya telah mengunjungi beberapa sekolah untuk meningkatkan jumlah pendaftar perempuan.

Loading...

“Tapi langkah itu hanya menghasilkan sedikit perbedaan sehingga butuh strategi baru,” ujarnya dilansir dari BBC, Rabu (16/11/2016).

Untuk mendapat keuntungan subsidi ini, setidaknya mahasiswi harus menghabiskan waktu 90 menit untuk menuju ke kampus. Dengan begitu, mereka akan memenuhi syarat tinggal di apartemen dengan subsidi.

Sebelumnya, para orangtua kerap kesulitan mencari hunian yang aman bagi anak perempuannya yang harus keluar rumah untuk kuliah. Kampus pun kemudian mencari sekira 100 apartemen di sekitar kampus yang memenuhi standar keamanan dan tahan gempa.


loading...
Loading...