Wow Keren! Di Jepang Jalan Ambles Ini Bisa Beres Dalam Dua Hari Lho, Kalau di Indonesia Berapa Lama Ya?

2213352fukuoka780x390

Sebuah kota di Jepang pada Selasa (15/11/2016) kembali dibuka setelah sempat runtuh menjadi lubang raksasa.

Upaya pekerja yang bekerja keras sepanjang waktu kemudian mendapat banyak pujian di media sosial.

Lubang raksasa dengan lebar 30 meter dan kedalaman 15 meter muncul pada Selasa pekan lalu di salah satu distrik bisnis Fukuoka Barat Daya, dan memisahkan lima jalur jalan sekaligus.

Kemunculan lubang tersebut dipicu oleh konstruksi kereta bawah tanah di sekitarnya dan mengenai tiang pendukung bangunan terdekat di persimpangan lalu lintas.

Para insinyur dan tukang ahli bangunan selanjutnya bekerja keras secara simultan siang dan malam, melakukan pembuangan semen basah dalam jumlah besar dan pasir ke dalam lubang menganga.

Mereka juga secara cepat bisa memperbaiki jalur listrik, gas, dan air yang terganggu setelah peristiwa mengejutkan tersebut.

Inilah hebatnya, karena lubang itu selesai diperbaiki hanya dalam waktu dua hari, sesuatu yang bisa dibilang sangat luar biasa.

Dilansir dari Kompas, Wali Kota Fukuoka Soichiro Takashima menyatakan, jalanan tersebut sudah kembali dibuka pada Selasa (15/11/2016) pukul lima pagi, tepat seminggu setelah kemunculan lubang.

“Kami memohon maaf dengan sangat karena telah menyebabkan masalah yang sangat besar,” ujar Soichiro dalam sebuah wawancara dengan televisi.

Ajaibnya, tidak ada satu pun korban yang jatuh akibat peristiwa tersebut. Sementara itu, pujian terus berdatangan di media sosial mengenai cepatnya penanganan lubang tersebut.

Loading...

“Saya terkejut jalan tersebut bisa dibuka kembali hanya dalam waktu seminggu,” kata salah satu pengguna Twitter.

Sedangkan lainnya mengungkapkan pekerjaan tersebut sangat impresif dan sangat cepat.

Hal ini tentu menjadi sangat “ajaib” bagi kita yang ada di Indonesia. Jangankan jalan yang berlubang menganga seperti itu, di Tanah Air memperbaiki saluran jalan atau perawatan pipa air bisa memakan waktu yang berbulan-bulan.

Perbaikan-Jalan-Selatan-TJawa-696x466

Apalagi mega proyek seperti perbaikan jalan secara masiv, yang bisa jadi memakan waktu bertahun-tahun untuk selesai.

Hal ini ternyata juga mendapat perhatian dari netizen di Indonesia, mereka banyak membandingan pembangunan di Jepang dengan di Nusantara.

“Klu indonesia, duluan uang proyeknya yg kelar,” kata pemilik akun Kadek Wahyu Palguna.

“Coba kayak gitu di indonesia,” ujar akun Erix Chandra di salah satu forum pembaca.

Budaya bekerja orang Jepang dengan komitmen tinggi terhadap pekerjaan tampaknya menjadi kunci cepatnya pembangunan dan revitalisasi infrastruktur disana.

Belum lagi bagaimana”haram”-nya korupsi bagi masyarakat di Negeri Matahari Terbit tersebut. kalau di Indonesia? Hmm jangan diomongin deh.


loading...
Loading...