Bukan Made In USA Ataupun China, Tapi Jas Milik Donald Trump Dibuat di Indonesia

replika-jas-resmi-donald-trump-ini-ternyata-dibuat-di-indonesia

Disetiap kesempatan, Trump selalu memperhatikan penampilannya termasuk juga jas. Tapi tahukah kamu? Jas dari Donald Trump bukanlah dibuat di USA ataupun di China, tapi dibuat oleh tangan orang Indonesia!

Pasti kalian tidak percayakan? Tapi tenang saja, temuan ini sudah dilakukan oleh jurnalis-jurnalis terpercaya asal BuzzFeed.com. Walaupun bangga dan mencintai Amerika, Ternyata ia memakai barang-barang yang dibuat Negara lain.

Dikutip Wajibbaca dari Indozone, Sebelumnya, Donald Trump pernah berkoar di depan para pendukungnya. Ia bersumpah akan mengembalikan pabrik yang memproduksi merek AS di luar negeri, kembali ke Negeri Paman Sam.

Namun, hasil investigasi Buzzfeed menemukan hal sebaliknya. Ternyata Trump justru membuat barang-barang buatannya di luar negeri. Media itu menemukan ada pabrik baju Trump di Honduras. Para buruhnya digaji hanya beberapa dolar per hari, mereka diperas keringat di lingkungan kerja yang tidak manusiawi.

Meski terus menyebut kekayaan negerinya, Amerika Serikat, termasuk angkatan kerjanya, Trump ternyata tidak memberikan lapangan kerja kepada saudara sebangsanya. Jelas bertolak belakang dengan apa yang ia umbar dalam kampanyenya.

Loading...

Kembali ke soal jas, dari manakah baju itu dibuat? Ternyata…

trumpp

“Kami membuka kardus, dan mengecek label, di atas label logam merek Trump, jawabannya tertera: Indonesia,” kata Wagner dari Buzzfeed.

Untuk memastikan, Wagner bahkan memvideokan baju serta tulisan merek yang dibuat di Indonesia. Donald Trump tidak merespot mengenai jas tersebut. Di penutup video investigasi soal jas capres Republik, jurnali Wegner sedikit memparodikan semboyan trump dengan menambahi Indonesia didalamnya, sehingga berbunyi ‘Let’s make America Great Again (and Indonesia too)’.

Sumber: wajibbaca.com


loading...
Loading...