Dingin-dingin Begini, Ini Makanan dan Minuman Penghangat Tubuh !!

Dingin-dingin Begini, Ini Makanan dan Minuman Penghangat Tubuh

Beberapa pekan terakhir, cuaca di Balikpapan terbilang dingin. Hujan kerap mengguyur di pagi hari maupun sepanjang hari.

Di tengah cuaca yang bikin tubuh menggigil ini, ada baiknya kita mengonsumsi berbagai makanan dan minuman yang bisa menghangatkan tubuh.

Makanan dan minuman ini secara alami meningkatkan panas tubuh sehingga menjadi lebih hangat. Berikut ini adalah berbagai jenis makanan dan minuman tersebut.

Kopi

Kopi mengandung kafein yang bersifat termogenik yang berarti membantu meningkatkan metabolisme sehingga menstimulasi pelepasan asam lemak dari jaringan lemak tubuh. Hal ini akan menaikkan suhu badan.

Havermut

Semangkuk havermut hangat cocok dinikmati di saat musim dingin. Havermut merupakan whole grain (biji-bijian utuh) sehingga mengandung serat dan protein yang tinggi. Dengan perut yang kenyang lebih lama, tubuh pun terasa hangat.

Kacang

Kacang tinggi vitamin B3 yang melancarkan peredaran darah dan meningkatkan metabolisme tubuh. Kedua hal ini akan membantu meningkatkan suhu tubuh. Dengan lemak sehat dan protein yang tinggi, kacang menjadi camilan yang sehat untuk memerangi udara dingin.

Loading...

Daging Rendah Lemak

Jika tangan dan kaki kita sering terasa dingin, kemungkinan kita kekurangan zat besi. Banyak sayuran dan biji-bijian yang tinggi zat besi, namun zat ini lebih mudah didapatkan dari daging. Pilihlah daging rendah lemak agar lebih sehat.

Jahe

Jahe meningkatkan proses termogenik dalam tubuh sehingga menghangatkan tubuh. Di sisi lain, jahe juga menekan nafsu makan. Bahan ini pun menghangatkan perut dan menghilangkan mual. Tambahkan jahe sebagai bumbu di berbagai hidangan. Jahe juga enak untuk diseduh dan dijadikan teh.

Minyak Kelapa

Seperti kacang-kacangan, kelapa juga kaya lemak baik yang menghangatkan tubuh. Minyak kelapa memicu metabolisme tubuh sehingga memberikan energi untuk menghangatkan tubuh. Bahan ini juga memiliki fungsi anti virus dan menstabilkan gula darah.

Cabai

Proses mencerna capsaicin, zat yang memberi rasa pedas pada cabai, memberi perasaan hangat pada tubuh. Walau nantinya bahan ini akan membuat tubuh berkeringat, sensasi panas capsaicin akan menjaga suhu tubuh.

Itulah jenis-jenis makanan dan minuman penghangat tubuh yang bisa kita konsumsi di hari yang dingin. Tetap jaga kesehatan dalam menghadapi musim pancaroba ini.


loading...
Loading...