Lagi, Tim Saber Pungli Tangkap Tangan Oknum Polri

pungli

Tim Sapu Bersih Pungutan Liar alias Saber Pungli yang telah dikukuhkan oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Rupatama Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (16/11/2016) lalu, menunjukkan kinerja dan tanggung jawabnya dengan baik.

Katua Tim Saber Pungli, Irwasum Polri Komjen Dwi Priyatno, mengungkapkan bahwa pihaknya berhasil melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap seorang perwira menengah Polri, AKBP yang memiliki inisial B.

AKBP B telah diamankan karena diduga meminta uang kepada pihak berperkara, yakni dugaan korupsi cetak sawah di Ketapang, Kalimantan Barat. Namun, Dwi tidak menerangkan lebih lanjut kapan dan dimana OTT dilakukan terhadap oknum bersangkutan.

“Benar OTT oleh Satgas,” ungkap Dwi, Kamis (17/11/2016), seperti dilansir detikcom.

Loading...

Tim Saber Pungli sendiri merupakan tim khusus yang dibentuk untuk menangani kasus pungutan liar dan pelanggaran oleh oknum tak bertanggung jawab yang sering terjadi di layanan publik. Bahkan, Jenderal Tito menegaskan bahwa tim ini akan bertanggung jawab memberantas pungli di seluruh layanan publik birokrasi pemerintah.

Bukan hanya mengenai pelayanan pengurusan sertifikat, KTP, izin dari Balai Pom, hak cipta paten merek, dan beberapa pengurusan administrasi lainnya, Tim Saber Pungli juga bertugas mebersihkan pungli dari internal Polri, termasuk dalam pengurusan SIM.

Selain semua yang berhubungan dengan layanan publik dan perizinan yang banyak berhubungan dengan pemerintah, Saber Pungli juga memiliki target lain diluar kasus pemerintahan. Salah satu contohnya adalah pengungkapan di Pelabuhan Belawan Sumatera Utara yang dilakukan oleh kelompok atas nama organisai tertentu.

Diketuai oleh Irwasum Polri Komjen Dwi Priyatno, menurut Tito Tim Satgas Saber Pungli ini berada dibawah naungan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto.


loading...
Loading...