Orangtua Wajib Tahu! Jangan Tidur Satu Ranjang Dengan Anak, Inilah Alasan yang Bikin Merinding

tidur sm anak

Satu dari sekian banyak orang tua di dunia ini pasti lebih memilih untuk tidur bersama buah hatinya karena demi rasa aman saat usia buah hatinya masih balita. Banyak orangtua berpikiran jika di usia buah hati yang masih balita ini , mereka masih butuh pengawasan

Namun perlu untuk kamu ketahui jika sebaiknya para orangtua tidak boleh membiasakan tidur satu ranjang dengan anak. Ada banyak alasan yang perlu orangtua ketahui jika tidur satu ranjang dengan anak ini memiliki dampak negatif terhadap psikologis anak.

Hasil penelitian

Dalam sebuah studi yang diluncurkan oleh Journal of Affective Disorders mengungkapkan sebuah penelitian terhadap 3.583 anak di Brazil jika ternyata kebiasaan berbagi tempat tidur dengan ibu dapat membuat mereka mengalami kelainan.

Penelitian tersebut berhasil dilakukan dengan membagi menjadi 4 grup, yaitu anak yang tidak tidur bersama ibu, anak yang tidur bersama ibu saat masih sangat kecil, anak yang tidur bersama ibu di saat tumbuh besar, dan anak yang selalu tidur bersama ibu.

Dari pembagian kelompok tersebut , peneliti mengevaluasi anak-anak tersebut dalam rentang umur antara 3 bulan hingga berumur 6 tahun. Setelah itu, hasilnya dianalisa oleh psikiater anak, apakah anak tersebut memiliki gangguan internal (seperti mudah cemas dan depresi) atau gangguan eksternal (seperti gangguan perilaku).

Dan ternyata, anak yang berbagi tempat tidur dengan ibunya memiliki masalah kesehatan mental yang lebih tinggi daripada anak yang tidur sendiri.

Loading...

Hal ini bisa disimpulkan jika secara singkat dapat dibilang, bahwa anak yang dari kecil dan yang secara konstan tidur bersama ibu dapat berakibat mengalami gangguan internal di umur 6 tahun.

Lantas bagaimana  orangtua yang sangat peduli dengan pengawasan anaknya ?

Banyak alasan seorang ibu menempatkan bayinya tidur bersama ini bisa dipengaruhi karena situasi ekonomi yang rendah . Situasi seperti ini bisa menimbulkan sifat cemas dan depresi pada seorang anak. Karena itu, berbagi tempat tidur bukan satu-satunya penyebab masalah emosional anak.

“Beberapa ibu dapat memilih untuk tidur bersama anak, namun ada juga ibu yang tidur bersama anak karena tidak memiliki ruang rumah yang besar untuk tidur terpisah” tulis peneliti.

The American Academy of Pediatrics menyarankan agar orangtua berbagi kamar dengan bayi hingga mereka berumur 6 bulan atau 1 tahun. Hal ini bertujuan untuk melindungi anak dari Sindroma Kematian Bayi Mendadak.

So, para ibu yang ingin psikologis anaknya baik , maka berusaha untuk membiasakan anak tidur sendiri di kamarnya dengan usia minimal 3- 4 tahun ke atas.

Sumber: palingseru.com


loading...
Loading...