Ribuan Pasukan Kaos Kuning Serukan Kemunduran PM Malaysia

kaos-kuning

Kelompok berkaos kuning yang menamakan dirinya sebagai kelompok pro-demokrasi tumpah ruah ke jalanan di Kuala Lumpur. Mereka berunjuk rasa untuk menuntut pengunduran diri PM Malaysia,Najib Razak.

Dalam aksi unjuk rasanya, demonstran “Kaos Kuning” menuntut Najib untuk mundur dari kedudukannya sebagai Perdana Menteri. Diduga Najib terlibat kasus korupsi hingga 1 MDB.

“Kami ingin pemerintahan yang bersih. Kami ingin pemilihan yang adil,” cetus Derek Wong, seorang agen real estate yang ada di antara ribuan demonstran “Kaos Kuning”, dikutip detik.com.

Kelompok kaos kuning menginginkan pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi. Hal ini bertolak belakang dengan kelompok kaos merah yang pro terhadap pemerintah.

Pada aksi unjuk rasa kali ini, ada kemungkinan terjadinya bentrokan antara kedua kelompok tersebut. Namun otoritas Malaysia sudah menahan para pemimpin dari kaos kuning dan juga kaos merah beberapa jam sebelum acara demo dimulai.

Loading...

Di tahun 2015, aksi unjuk rasa untuk menuntut mundur PM Nadjib juga pernah dilakukan. Aksi damai selama 2 hari tersebut mampu menarik ratusan ribu pendukung.

“Sebagai warga negara, saya ada di sini sekarang untuk secara damai memutuskan masa depan negara. Kami berharap melihat Najib diganti dan diadili di pengadilan,” tutur pria Malaysia berumur 38 tahun itu seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (19/11/2016).

Aksi unjuk rasa ini merupakan aksi kedua dalam kurun waktu 15 bulan dan diorganisir langsung oleh kaos kuning. Polisi anti huru-hara tampaknya sudah berjaga-jaga di sejumlah titik di Kuala Lumpur.

Mereka sudah menutup 58 jalan dan lalu lintas akan dialihkan. Sebelumnya, otoritas Malaysia sudah menangkap pemimpin “Kaos Merah” Jamal Yunos dan juga pemimpin “Kaos Kuning” Maria Chin Abdullah beserta aktivis dan politikus oposisi.


loading...
Loading...