Bikin Ngeri, Ilmuan Temukan Fosil Kecoak Raksasa

00135634

 

Seorang ahli geologi di Universitas Ohio berhasil menemukan fosil kecoak terbesar di dunia. Fosil kecoak dari masa prasejarah itu diperkirakan hidup di Amerika Utara sekitar 300 juta tahun yang lalu.

Fosil serangga memiliki nama latin Arthropleura pustulatus itu memiliki ukuran dua kali lebih besar dari kecoak Amerika lainnya. Paling tidak, serangga purba itu memiliki panjang tubuh mencapai sembilan sentimeter.

Kecoak raksasa itu ditemukan di tambang batu bara Ohio. Ini merupakan spesimen fosil lengkap yang terawat dengan baik oleh alam. Pasalnya fosil tersebut masih memperlihatkan organ tubuh lengkap dari seekor kecoak.

Loading...

bikin-ngeri-ilmuan-temukan-fosil-kecoak-raksasa

Jika diperhatikan, kita dapat melihat dengan jelas mulut, antena dan kaki yang dilipat di sekitar tubuh kecoak. Kita juga dapat melihat pembuluh darah di sayap si kecoak raksasa. Bahkan kita bisa melihat benjolan halus yang menutupi permukaan sayap.

Tambang Ohio sendiri telah menjadi rumah bagi berbagai fosil tumbuhan dan hewan yang hidup pada 300 juta tahun lalu. Selain kecoak, ilmuan juga pernah menemukan arakhnida (kelabang raksasa) dan serangga gerarid dari genus baru. Pasalnya, tambang itu merupakan rawa tropis di era Carboniferous (zaman karbon).


loading...
Loading...