Dulu hitam dan bau, Kali Mampang kini airnya jernih dan dipakai mandi

Jakarta beberapa tahun belakangan tengah gencar-gencarnya berbenah. Terobosan kebijkan yang terasa bagi masyarakat ibu kota di antaranya Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), relokasi Kampung Pulo, wisata balai kota, serta normalisasi beberapa kali. Tentang kali bersih ini, Gubernur Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) mengklaim sebanyak 13 kali kotor sudah berhasil dibebaskan dari sampah. Salah satunya adalah kali yang berada di kawasan Mampang, Jakarta Selatan.

Wajah baru kali ini diungkap oleh salah seorang netizen yang mengunggah foto melalui facebook pribadinya, Gunawan Wibisono, Sabtu (7/5).

“Pasukan Oranye yang bertugas, antara lain, bersih-bersih sungai, diberi gaji Rp 3.100.000,- per bulan (jaman Foke hanya Rp 800.000,-), transportasi gratis, BPJS ditanggung pemda (kalau meninggal dapat santunan 137 juta), sekolah anak juga ditanggung pemda, yang nembus kuliah di negeri malah dapat tunjangan pendidikan 18 juta rupiah per-tahun,” tulis Gunawan.

“Sungai bersih, nyaman dilihat, warga pun senang, karena pajak yang mereka bayarkan memang tepat sasaran. Dahulu liat sungai hitam dan bau, saking seringnya liat sungai hitam dan bau sampai warga merasa itu adalah hal yang lumrah. Ternyata bisa ‘disulap’ jadi jernih, malah Kali Mampang dipakai anak-anak buat mandi. Sebentar lagi, kalau ada perusahaan sumbang SCR bibit nila atau lele, sungainya jadi lebih sehat dan jadi wisata mancing. Ikan akan beranakpinak dengan sendirinya di sungai yang airnya sehat,” tambah Gunawan.

Kamu nggak percaya? Berikut ini adalah penampakan Kali mampang sekarang:

1. Ketika masih hitam pekat

2. Masih belum dibenahi

3. Pelebaran sungai di tahun 2014

 

4. Wajah baru Kali Mampang yang sudah bersih

5. Bahkan bisa menjadi tempat anak-anak bermain air

Sumber:brilio.net


loading...
Loading...