Patung ‘Pemikir’ Mini Berusia 3.800 Tahun Hebohkan Israe

tak-kusangka-dia-nekat-membakar-tubuhku-karena-cintanya-kutolak

Sebuah kendi tembikar menjadi bantalan patung unik berusia 3.800 tahun, yang berpose seakan sedang berpikir.  Artefak itu ditemukan di Israel oleh tim arkeolog dalam ekskavasi di Yehud, pinggiran kota Tel Aviv.

Temuan itu memiliki kemiripan yang mencolok dengan ‘The Thinker’, patung terkenal karya Auguste Rodin.

Seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (24/11/2016), menurut badan purbakala negeri zionis, Israel Antiquities Authority, temuan yang menggambarkan sosok dengan lutut ditekuk dan kepala bertumpu pada tangan itu diperkirakan berasal dari era Zaman Perunggu Tengah.

“Sepertinya patung unik itu ditambahkan di atas kendi. Benda seperti itu belum pernah ditemukan dalam penelitian sebelumnya,” kata Gilad Itach, koordinator ekskavasi.

Patung kuno tersebut tingginya sekitar 7 inci atau 18 cm, jauh lebih kecil dari patung Rodin, yang besarnya 73 inci atau 186 cm.

“Salah satunya yang terlihat adalah wajah yang bertumpu pada tangan seolah-olah dalam keadaan berpikir,” kata Itach.

Loading...

Benda dan barang-barang logam lain juga ditemukan seperti belati, mata panah, kepala kapak, tulang domba, dan apa yang diyakini sebagai tulang keledai.

Itach mengatakan, koleksi benda-benda kuno itu diduga berfungsi untuk persembahan pemakaman, kemungkinan dari anggota penting komunitas masa lalu. Untuk para mendiang dari kalangan elite.

Patung itu penemuan terbaru yang ditemukan Israel Antiquities Authority, yang melakukan ekskavasi di semua situs bangunan besar di seluruh negeri untuk memastikan tidak ada peninggalan yang hancur.

Dalam beberapa bulan terakhir, tim telah menemukan harta dari koin emas hingga mosaik kuno.

Bulan lalu, arkeolog Israel merilis teks Abad ke-7 Sebelum Masehi. Para ahli mengatakan isinya adalah penuturan Bahasa Ibrani Yerusalem, yang berbeda dengan apa yang ditulis dalam kitab suci.


loading...
Loading...