Hati-Hati! Ibu Hamil Jangan Tidur Terlentang, Akibatnya Bisa Seperti Ini

kalsium-untuk-ibu-hamil-730x430

Wanita hamil terkadang harus memperhatikan segala hal dari tubuhnya. Hamil menuntut wanita untuk selalu hati dalam memilih makanan bahkan hingga posisi tidur. Penelitian terbaru menyebutkan jika posisi tidur terlentang bagi wanita hamil ternyata tidak baik untuk janin.

Seperti yang dilansir dari kompas.com, para ahli dari The Royal College of Midwives, yang juga studinya dipaparkan dalam Journal of Physiology, mendesak para wanita hamil untuk memilih posisi tidur miring demi meminimalkan risiko kematian bayi dalam kandungan.

Hasil studi mereka menyimpulkan jika wanita yang tidur terlentang akan berpengaruh pada suplai oksigen pada bayi yang ada dalam rahim.

Resiko paling tinggi karena tidur terlentang ada pada tiga bulan terkahir dari usia kehamilan.

Ilmuwan asal Selandia Baru menyebutkan jika hasil penelitiannya menemukan jika pada wanita hamil yang terlentang membuat detak jantung bayi serta asupan oksigen menjadi berkurang. Hal tersebut sudah bisa terjadi meskipun ibu hamil tersebut baru tidur terlentang selama 30 menit.

Loading...

Para ilmuwan mengingatkan agar ibu hamil berhati-hati. Pasalnya, berkurangnya asupan oksigen dan lemahnya detah jantung bisa berakibat fatal, yakni kematian pada janin.

“Wanita hamil disarankan untuk tidak tidur telentang. Kami telah mendapati, tidur terlentang dalam waktu yang lama dapat membuat tekanan darah berkurang. Bahkan untuk kehamilan yang sehat, mengambil posisi tidur yang aman sangatlah penting,” kata Direktur Kebidanan Louise Silverton.

Silverton selalu memberikan peringatan kepada bidan dan dokter agar selalu mengingatkan para ibu hamil tentang hal ini. Ibu hamil disarankan untuk tidur dalam posisi yang tidak hanya nyaman, tetapi juga aman bagi calon bayi. Saran untuk mengambil posisi yang aman juga berlaku saat sedang duduk santai di sofa.

“Berbaring telentang dapat menambahkan stres ekstra untuk bayi, berkontribusi terhadap risiko bayi lahir mati. Penelitian menunjukkan, tidur miring ke kiri meningkatkan aliran nutrisi ke rahim.” kata Prof Peter Stone yang terlibat dalam penelitian serupa sebelumnya.


loading...
Loading...