Tak Bisa Pakai Angciu Untuk Memasak? Ini Dia Penggantinya

22_20130614_161013Untuk urusan kuliner, masakan-masakan China sangat populer di Indonesia. Lihat saja di sepanjang jalan, ada berbagai deret kuliner yang mengusung masakan dengan keharuman dan cita rasa Negeri Tirai Bambu. Mayoritas masakan China memerlukan waktu yang singkat untuk mengolahnya, sehingga Anda bisa menghemat waktu sekaligus mendapat hidangan yang lezat.

Dengan banyaknya ragam kuliner China, banyak bahan-bahan masakan yang sering mudah kita dapatkan. Tetapi tidak semua bahan dalam resep masakan China dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia. Dengan dasar keyakinan tertentu, beberapa bahan makanan yang ada dalam resep masakan China tidak dapat digunakan. Salah satu bahan makanan yang tidak bisa digunakan untuk sebagian besar masyarakat Indonesia adalah Angciu.

Angciu adalah arak merah yang biasa digunakan untuk mengolah seafood pada hidangan kuliner China. Hidangan yang ditumis juga seringkali ditambah dengan angciu. Contoh hidangan itu antara lain tumis kepiting, sup ikan, tumis kangkung, baby kaylan, cah taoge ikan asin, bahkan capjay. Nah, jika Anda tetap ingin menikmati kuliner China tetapi khawatir dengan pengggunaan angciu, ada beberapa bahan penggantinya yang bebas alkohol.

Campur ketiga bahan ini:
– Kecap asin
– Air perasan lemon
– Sedikit air perasan jahe

Ketiga bahan itu dapat Anda gunakan sebagai mengganti penggunaan angciu. Bila ada beberapa bahan yang perlu direndam, maka pengganti angciu ini tetap bisa Anda gunakan dengan penambahan beberapa waktu agar meresap ke dalam bahan makanan. Mudah bukan? Anda dapat menikmati sajian Imlek dengan bahan pengganti yang tidak kalah lezat dengan angciu asli.


loading...
Loading...