Tips Memilih Membedakan Madu Asli dan Palsu

Tips-Membedakan-Madu-Asli-dan-PalsuMadu memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Manfaat kesehatan ini membuat madu banyak dijual bebas. Sayangnya madu yang dijual bebas ini tidak dapat dijamin keasliannya. Ada saja madu palsu yang beredar di pasaran. Banyaknya madu palsu membuat kamu harus waspada dalam memilih madu.

Ladies, berikut adalah cara untuk mengetahui madu yang akan kamu beli asli atau palsu. Yuk, simak caranya sebagai berikut:

Dengan Air

Madu tidak mengandung air, maka kamu dapat mengetes madu tersebut itu asli atau tidak dapat menggunakan air. Madu asli tidak akan bercampur dengan air saat dituangkan dalam air. Madu asli akan tenggelam di dalam air. Nah, jika madu palsu maka madu akan bercampur dengan air dan tidak kental.

Tingkat Kelengketan

Madu memang sangat lengket, namun ada sedikit perbedaan antara kelengketan madu asli dan madu palsu. Saat madu diletakkan di ujung jari dan dibiarkan selama dua menit, madu asli akan meleleh perlahan sedangkan madu palsu akan lengket dan menempel terus pada jari.

Menggunakan Kertas

Tuang madu pada kertas. Jika madu itu asli maka bagian kertas yang ditetesi madu tidak akan berlubang. Berbeda dengan kertas yang ditetesi madu palsu akan berlubang, karena pengaruh air yang ada pada madu palsu.

Loading...

Tes dengan Semut

Madu asli memiliki aroma yang kuat dan tidak disukai semut, meskipun rasanya manis semut tidak menyukainya. Berbeda dengan madu palsu yang ada campuran gulanya akan mudah didatangi semut. Selain itu madu palsu mengandung racun yang dapat menyebabkan semut mati.

Gunakan Pasir

Teteskan madu di atas pasir, jika madu tersebut asli maka tetesan madu itu tidak menyebar. Hal ini karena madu asli bersifat padat serta mengikat. Berbeda dengan madu palsu, madu ini akan menyebar pada pasir karena madu palsu mengandung banyak air.

Ladies, demikian 5 cara untuk membedakan madu asli dan madu palsu. Madu palsu banyak mengandung pemanis buatan sehingga berbahaya bagi kesehatan, jadi tetap berhati-hati ya

Sumber: Vemale.com


loading...
Loading...