Fakta! Ternyata Buah Manis ini Bisa Mencegah Kanker

DSC02778Orang Indonesia memang mayoritas sukanya yang manis-manis dan yang pedas-pedas. Apalagi lagi cowok yang melihat gadis manis. Hehehe, becanda ya!

Sebenarnya selera orang memang berbeda – beda, tapi umumnya masyarakat kita utamanya di pedesaan suka dengan makanan dan minuman manis. Karena itu makanan dan minuman manis industrinya semakin melebar.

Ngomong-ngomong soal manis, kali ini ada buah yang rasanya begitu manis. Namun buah ini mempunyai khasiat untuk mencegah kanker. Apa itu? Inilah buah nangka.

Nangka merupakan salah satu jenis buah khas Indonesia. Memiliki aroma dan rasanya yang manis, nangka patut menjadi favorit banyak orang. Belum lagi, nangka adalah jenis buah yang paling mudah untuk diolah menjadi aneka makanan seperti bahan campuran kolak, digoreng, atau bahan campuran es teler.

Selain itu, siapa sangka bahwa nangka kaya akan manfaat sehat? Hal ini disebabkan karena nangka tinggi vitamin A, B6, C, kalium, tembaga, dan serat. Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah manfaat sehat yang bisa kamu dapatkan dengan makan nangka.

Mencegah kanker

Nangka mengandung tiga jenis utama fitonutrien yaitu lignan, isoflavon dan saponin yang masing-masing tinggi akan zat anti kanker. Saponin dikenal mampu mencegah kanker usus besar dan leukemia. Sementara lignan dan isoflavon bermanfaat untuk mengobati kanker endometrium.

Menyehatkan mata

Nangka sangat tinggi akan vitamin A yang bermanfaat untuk melindungi mata dari gangguan seperti degenerasi makula, melindungi kornea, serta melawan infeksi mata.

Loading...

Memberikan energi

Kandungan karbohidrat serta vitamin B yang ada dalam nangka adalah sumber energi yang kuat. Sebabnya vitamin B1 dan B2 akan mengonversi karbohidrat yang ada dalam buah ini menjadi energi.

Menyehatkan sistem pencernaan

Mereka yang memiliki masalah dengan pencernaan dianjurkan untuk mengonsumsi nangka. Sebab per 100 gram nangka mengandung sekitar 15% serat. Persentase yang cukup tinggi untuk mengurangi sembelit.

Mempercantik kulit

Makan nangka ternyata bermanfaat untuk mempercantik kulit dan mencegah keriput berkat kandungan antioksidan yang ada di dalamnya.

Mengurangi berat badan

Selain bermanfaat untuk mengobati sembelit, kandungan serat yang ada dalam nangka juga ampuh untuk menurunkan berat badan karena bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama.

Meredakan kecemasan

Nangka mengandung tembaga yang mudah diserap oleh tubuh. Zat ini efektif untuk membantumu dalam mengatasi masalah yang berhubungan dengan kecemasan, sulit tidur, serta mudah panik.

Meningkatkan memori

Mengonsumsi nangka secara teratur membantu untuk meningkatkan fungsi kognitif. Sebabnya, nangka mengandung zat antioksidan tinggi yang mampu meminimalkan efek radikal bebas yang kemudian menyebabkan kerusakan di sel-sel otak.


loading...
Loading...