Tips Menyimpan Santan agar Awet dan Tahan Lama

coconut-milkSangat banyak makanan khas Indonesia yang menggunakan santan, seperti rendang, opor, gulai,dll. Namun, kadang santan yang kita bei kerap tidak segar lagi ketika hendak dipakai, dan membuat anada terpaksa membeli santan yang baru. Berikut adalah tips untuk menyimpan santan agar bisa lebih awet dan tehan lama.

Santan Asli

Beberapa orang lebih senang menggunakan santan asli karena rasanya yang tidak tergantikan oleh santan kemasan. Namun tentu merepotkan jika harus membelah kelapa setiap kali akan membutuhkan santan. Jadi, tidak ada salahnya Anda memroses kelapa untuk dijadikan santan sekaligus, kemudian disimpan untuk penggunaan selanjutnya. Caranya, peras santan dari kelapa, panaskan sebentar dengan api kecil sampai kurang lebih mencapai suhu 70oC. Kemudian masukan santan ke dalam plastik-plastik, biarkan agak dingin. Setelah suhunya tidak terlalu panas, Anda bisa memasukkan ke dalam freezer dan menyimpannya sesuai kebutuhan Anda.

Loading...

Santan Kemasan

Tidak perlu repot untuk menyimpan santan kemasan. Selama Anda belum membuka kemasannya, tidak masalah Anda membiarkannya di dalam suhu ruang selama batas kadaluwarsanya masih jauh. Sedangkan jika sudah membuka kemasannya, maka Anda harus menyimpannya di dalam kulkas dan segera menggunakannya kembali. Penyimpanan dalam kulkas hanya bisa bertahan paling lama 2 minggu jika kemasannya sudah dibuka karena udara dalam kulkas sendiri belum tentu bebas jamur dan bakteri yang tahan pada suhu rendah.


loading...
Loading...