5 Hal Berbahaya Saat Gunakan WiFi Gratis

 

Penetrasi internet di Indonesia mungkin sedang tinggi-tingginya. Pembangunan infrastruktur internet terus dikejar, kawasan pelosok dan kawasan Indonesia bagian timur pun menjadi target pembangunan berikutnya.

Sayangnya, jaringan internet broadband yang dibangun belum sepenuhnya mampu menjawab ekspektasi pengguna. Itulah kenapa masih banyak yang berburu area hotspot demi mendapatkan akses internet yang lebih stabil dan lebih cepat, khususnya yang gratisan.

Tetapi ada bahaya WiFi gratis yang tersembunyi pada saat kamu sedangan menggunakan WiFi gratis. Berikut tips memakai WiFi gratis agar kamu terhindar dari bahayanya:

1. Bertransaksi Online

Loading...

Internet banking dan mobile banking menjanjikan kemudahan dalam melakukan transaksi keuangan. Akan tetapi justru itu menariknya transaksi online bagi para penjahat cyber.

Meski internet banking dan mobile banking semakin disempurnakan keamanannya, semua itu akan sia-sia jika kamu tidak berhati-hati saat melakukan transaksi online. Bertransaksi online lewat WiFi gratisan adalah salah satu contohnya. WiFi gratisan biasanya tidak dibangun dengan keamanan tinggi. Itulah kenapa sangat tidak dianjurkan untuk bertransaksi online lewat jaringan ini karena dapat menjadi salah satu bahaya WiFi gratis.

2. Mengakses Sistem Informasi Online Institusi atau Perusahaan

Saat ini semakin banyak institusi pemerintah maupun perusahaan yang membangun sistem informasi mereka sendiri. Di sistem informasi inilah mereka menyimpan data-data karyawan hingga data-data sensitif lainnya. Salah satu contohnya adalah sistem informasi akademik mahasiswa. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti pembobolan akun, sebaiknya hindari mengakses sistem informasi tersebut melalui jaringan WiFi gratis.


loading...
Loading...