Begini Cara Siapkan Dana untuk Traveling

Ilustrasi dana untuk liburan. (Shutterstock)

 

Mungkin bagi sebagian besar orang, traveling atau jalan-jalan adalah hal yang mewah. Untuk ke luar kota atau ke luar negeri, Anda harus menyiapkan uang ekstra yang tidak boleh mengganggu pengeluaran harian.

Bisakah hal itu terjadi? Ahli keuangan dari Kanada, Rachel Langlois menyatakan itu mungkin. Berlibur ke luar kota atau bahkan ke luar negeri adalah mungkin jika Anda komitmen untuk melakukan beberapa hal seperti dilansir dari laman fox13now.

Tentukan Lokasi Wisata
Tentukan tempat yang akan Anda kunjungi sesuai dengan bujet yang Anda miliki. Jika anggaran dinilai pas-pasan, tentukan lokasi wisata yang relatif dekat. Jika dana Anda berlebih, bisa agak jauh. Pikirkan juga jumlah anggota keluarga yang akan Anda ajak. Bila dengan anak-anak tentu harus siapkan dana untuk keperluan oleh-oleh, hiburan, dan keperluan mereka lainnya.

Loading...

Simpan Sebelum Traveling
Jangan pernah memikirkan untuk berutang! Anda bisa mempersiapkan dana traveling dengan menabung. Bayangkan jika berutang atau menggunakan kartu kredit, Anda akan terbebani dalam jangka waktu lama. Sisihkan saja sebagian kecil gaji Anda, mumpung Anda ada di awal tahun 2017. Dana wisata tak sekadar ongkos pulang pergi, tapi juga biaya penginapan, makan, dan berwisata di sekitar tempat penginapan

.Ambil Keuntungan dari Point Reward
Jika Anda menggunakan kartu kredit, maka ada layanan poin reward yang bisa Anda gunakan. Biasanya point reward ini menawarkan maskapai penerbangan tertentu dan bisa memangkas pengeluaran sepanjang masa liburan.

Cari Penginapan yang Tepat
Sebelum pergi, sebaiknya cari tempat penginapan di lokasi tujuan Anda. Pilih hotel atau penginapan yang di sekitarnya menawarkan banyak lokasi wisata, agar pengeluaran untuk ongkos tidak besar. Untuk mendapatkan harga terbaik dari kamar hotel atau penginapan, sebaiknya Anda booking jauh-jauh hari. Pada saat peak season atau liburan panjang, hotel akan memberlakukan harga yang lebih tinggi.

Cari Tempat Makan Lokal
Jika Anda sudah berada di kota atau negara tujuan, jangan makan di restoran-restoran cepat saji. Anda disarankan untuk mengenal makanan lokal dengan menyambangi lokasi-lokasi tempat makan lokal. Selain bisa mencicipi kearifan budaya setempat, makan di pusat-pusat kuliner biasanya murah dan tidak menguras isi kantung. (Nessy Febrinastri)


loading...
Loading...