Karakter Anies Ngawang-awang, Ahok Teknis, Agus Tanda Tanya

Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno pegang nomor urut di pilkada Jakarta [suara.com/Nikolaus Tolen]

 

Direktur Lingkar Madani, Ray Rangkuti, menilai pesan calon gubernur Jakarta nomor urut tiga, Anies Rasyid Baswedan, ketika menyampaikan program kerja selama masa kampanye dinilai terlalu mengawang-awang. Jika gaya tersebut tetap dipertahankan dalam acara debat kandidat yang diselenggarakan KPUD Jakarta, Jumat (13/1/2017) malam, kemungkinan masyarakat tidak akan tertarik.

Kalau Anies terlalu mengawang-awang, yang lebih berbicara seperti konsep psikolog daripada konsep teknis,” kata Ray di kantor KPUD, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Kamis (12/1/2017).

Menurut Ray warga Jakarta membutuhkan pemimpin yang mampu memberikan kebijakan secara konkrit dalam mengatasi masalah.

Sandiaga Uno, kata Ray, akan melengkapi Anies.

“Kalau secara umum dia (Sandi) banyak bicara secara teknis,” kata Ray.

Sementara calon gubernur nomor urut dua, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), menurut Ray, memiliki karakter yang teknis dan ditunjang konsep kerja yang baik.

Loading...

“Hal yang perlu diperhatikan Pak Ahok adalah tidak emosional. Tapi bisa saja itu dipancing oleh lawannya saat debat, walaupun sekarang sudah berkurang emosionalnya,” katanya.

Sedangkan calon gubernur nomor urut satu, Agus Harimurti Yudhoyono, Ray mengaku belum bisa menilai. Pasalnya, selama dua kali debat yang diselenggarakan oleh dua stasiun televisi swasta, anak mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tidak mau hadir.

“Itu yang sulit ya, karena belum pernah kita lihat. Tetapi saya kira ini yang membuat debat nanti, jadi menarik, sosok Agusnya itu, selain debatnya itu sendiri,” kata Ray.

Acara pertama yang diselenggarakan KPUD akan diselenggarakan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, mulai jam 20.00 WIB.

Moderator acara yaitu mantan presenter SCTV Dwi Noviratri Koesno.

Topik acara debat tentang pembangunan, sosial, dan ekonomi.

Acara debat tahap kedua dan ketiga masing-masing akan berlangsung pada tanggal 27 Januari 2017 dan 10 Februari 2017.


loading...
Loading...